Perlindungan Asuransi Kesehatan dengan Unit Link Commonwealth Life

 

Blog Kiran Banget kembali lagi untuk para pembaca khususnya yang ingin mendapatkan penjelasan super lengkap tentang "Perlindungan Asuransi Kesehatan dengan Unit Link Commonwealth Life". Topik tentang asuransi kesehatan memang belum pernah di bahas di blog ini sehingga penulis berkeinginan memberikan pandangan sekaligus mereviews salah satu perusahaan asuransi yang memberikan produk andalan kepada masyarakat luas yakni Commonwealth Life. Kendati memang banyak perusahaan asuransi kesehatan di Indonesia dan memberikan berbagai perlindungan kepada para nasabahnya, setiap perusahaan asuransi memiliki produk berbeda dan punya kelebihan sendiri-sendiri. Oleh sebab itu, kita sebagai masyarakat harus jeli memilih asuransi khususnya produk asuransi kesehatan untuk memberikan perlindungan ekstra kepada keluarga dan salah satu produk asuransi yang dapat anda pilih di perusahaan yang saya ingin bahas untuk anda adalah Unit Link. Seperti apa produk asuransi kesehatan ini? Apakah bisa memberikan perlindungan ekstra kepada seluruh anggota keluarga? apa saja manfaat dan kelebihannya produk unit link Commonwealth Life? berbagai pertanyaan ini akan terjawab tuntas di pembahasan kali ini.

Alasan Perlindungan Asuransi Kesehatan dengan Unit Link Commonwealth Life 
Anda perlu pahami bahwa tidak semua perusahaan asuransi memiliki produk unit link. Tetapi secara garis besar setiap asuransi yang masuk kedalam unit link pasti selalu berhubungan langsung dengan investasi di masa depan. Inilah menariknya produk jenis ini. Untuk orang awam seperti saya mungkin tidak begitu memusingkan dengan berbagai label asuransi kesehatan yang dibalut oleh unit link seperti yang Commonwealth life tawarkan, karena saat ini masyarakat sudah mulai dimanjakan dengan hadirnya BPJS, Jamsostek, Askes, JKN, KJS dan berbagai jensi produk asuransi kesehatan lainnya. Banyak dari kita memahami bahwa dengan iuran sedikit, maka kita sudah dapat berobat secara gratis di rumah sakit yang memberi layanan khusus program asuransi yang ada. Lalu bagaimana dengan unit link di Commonwealth life yang katanya memberikan perlindungan asuransi kesehatan? Pertanyaan sederhana ini akan terjawab dengan mudah ketika kita memahami secara benar seperti apa unit link itu, dengan paham produknya, maka anda akan mengerti fungsi dan tujuannya. Adapun unit link commonwealth life bisa dikatan sebagai produk perusahaan asuransi jiwa yang mengawinkan fungsi proteksi dan investasi. artinya, para nasabah anda mendapatkan 2 keuntungan sekaligus. Berikut penjabarannya :
  • Untuk Investasi, hal ini diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan, contoh sederhananya misalnya dana pendidikan dan untuk dana pensiun. Jika anda tidak bergabung ke dalam unit link yang jelas tanpa investasi,  maka anda akan menemui tujuan keuangan sulit dicapai karena mengandalkan tabungan semata, yang bunganya rendah, tidak akan bisa mengejar kenaikkan harga (inflasi). 
  • Manfaat Proteksi. Hadirnya proteksi ini akan memberikan perlindungan ganda kepada Anda dari sejumlah risiko, misalnya, meninggal dunia, cacat tetap dan sakit. Hal ini akan terasa ketika anda yang saat ini bekerja tiba-tiba jatuh sakit, cacat atau meninggal dunia, maka secara otomatis investasi terhenti seketika dan tentu saja masa depan anak – anak Anda menjadi terancam misalnya jadi tidak bisa sekolah. Oleh sebab itu, hadirnya produk unit link akan membantu anda mengatasi masalah ini, ibarat pepatah "sedia payung sebelum hujan". Oleh sebab itu, perlu proteksi, supaya investasi bisa terus berjalan meskipun pencari nafkah utama mengalami musibah.

Memahami Perlindungan Asuransi Kesehatan dengan Unit Link Commonwealth Life 
Untuk orang awam mungkin akan sedikit kesulitan jika ditanya soal unit link, jika pun ada sebagian besar masyarakat di Indonesia masih kurang begitu perduli soal asuransi sehingga wajar apabila kita belum mendapatkan pemahaman yang betul mengenai asuransi kesehatan. Saya akan memberikan beberapa penjelasan mendasar tentang produk asuransi unit link, semoga dengan penjelasan ini para pembaca mendapatkan gambaran dan pandangan yang benar tentang produk ini. Harapannya setelah mengerti manfaat dan kegunaannya, anda semakin yakin untuk ikut serta dalam asuransi kesehatan khususnya produk asuransi. Berikut ini penjelasan bagaimana cara kerja unit link :
  • Adapun Premi yang Anda bayarkan tersebut akan masuk ke instrumen investasi yang Anda pilih, inilah yang akhirnya menghasilkan Nilai Polis. Tetapi, sebelum itu, premi tersebut dipotong untuk membayar beberapa biaya misalnya untuk biaya akuisisi di tahun pertama/awal. Dengan kata lain, bahwa porsi premi yang masuk ini sebagai investasi tersebut biaya yang dibayarkan ke perusahaan asuransi dalam hal ini adalah Commonwealth Life.
  • Untuk Nilai Polis diatas merupakan hasil dari investasi dan inilah uang yang nantinya dimanfaatkan untuk membayar Biaya Asuransi, Biaya Asuransi Tambahan dan Biaya Administrasi. Simpeilnya, bahwa proteksi asuransi dibayar dari hasil investasi tersebut, anda mungkin tidak menyadarinya sejak awal. Namun secara umum anda akan memahaminya dengan baik sebab, para nasabah dapat melihat bahwa pemotongan biaya di unit link dilakukan dengan dua cara yakni : pertama : premi langsung dipotong untuk membayar biaya akuisisi (hanya di 5 tahun pertama). Dan yang Kedua, nilai investasi dipotong secara rutin untuk membayar biaya asuransi (selama – lamanya polis hidup).
  • Apabila setelah anda dapat membayar semua biaya diatas, maka sisanya adalah nilai polis atau nilai tunai dan ini dapat diambil oleh pemegang polis. Nah inilah nilai yang dapat dicairkan untuk dana pendidikan, perlindungan asuransi kesehatan atau dana pensiun.
  • Jika selama nilai polis anda cukup untuk membayar semua biaya, maka proteksi asuransi tetap aktif. Tetapi jika nilai polis tidak mencukupi, maka secara tomatis proteksi asuransi berhenti atau biasa disebut sebagai polis lapse. Namun hal ini biasanya jarang terjadi, jika pun memang nasabah lupa, biasanya Commonwealth Life sebagai perusahaan asuransi akan meminta nasabah melakukan penambahan dana (top up), bayar lagi diluar premi yang rutin dibayar.
  • Dengan kata lain bahwa dalam produk unit link, bahwa nilai polis adalah titik pentingnya, disini poin pentingnya. Oleh sebab itu, anda harus mengerti dan perlu pahami dengan baik apa yang mempengaruhi nilai polis. Hal pertama yang perlu dipahami adalah jumlah dana yang masuk dari pembayaran premi dasar. Kemudian yang kedua adalah kinerja return investasi yang dipengaruhi instrumen yang dipilih (saham, obligasi, deposito dll) serta kemampuan manajer investasi mengelola dana. Perlu anda pahami bahwa tidak ada jaminan return atau hasil investasi di unit link di Commonwealth life atau di perusahaan asuransi kesehatan manapun di Indonesia, Apabila ada yang memberikan promo bahwa Risiko ditanggung oleh pemegang polis. Jika menerima penawaran dari agen asuransi yang menjanjikan kepastian return investasi, agen tersebut bisa dipastikan ngawur alias tipu-tipu. Anda harus paham betul produk ini dengan baik.

Kelebihan & Keunggulan Perlindungan Asuransi Kesehatan dengan Unit Link Commonwealth Life
Jika anda memutuskan untuk memilih produk asuransi kesehatan untuk keluarga di unit link Commonwealth Life, maka itu sudah sangat bagus. Namun anda juga harus memahami pendapatan perbulannya juga agar anda tidak merasa berat saat harus membayar setiap preminya setiap bulannya. Dengang mengetahui beberapa kelebihan dan keunggulan produk asuransi unit link di Commonwealth life, saya yakin anda akan mulai berpikir akan perlunya ikut asuransi khususnya asuransi kesehatan dengan unit link. berikut beberapa keunggula unit link yang perlu anda ketahui :
  • Seperti yang saya singgung diatas bahwa unit link sangat bermanfaat sebagai Proteksi investasi bagi keluarga yang ditinggalkan misalnya meninggal dunia. Begitu sederhananya: bagi seseorang yang mendekati atau telah memasuki masa pensiun, sementara yang bersangkutan belum memiliki investasi pada reksa dana maka produk unit link dengan premi tunggal sangat baik, karena uang pertanggungan yang dijamin sebesar 150 persen dari nilai investasi awal.
  • Produk unit link ini memungkinkan anda dapat membeli reksa dana pada jumlah yang sedikit, penjelasan: banyak diantara kita yang masih belum memiliki reksa dana hal ini disebabkan karena belum memiliki uang untuk membelinya dalam jumlah yang besar, mereka hanya punya uang yang sedikit misalkan dibawah Rp 100.000 per bulan. Melalui unit link hal tersebut dapat diatasi, misalkan yang bersangkutan memilih melakukan asuransi dan investasi secara bulanan sebesar Rp 250.000 untuk proteksi dan Rp 50.000 untuk investasi, sehingga reksa dana pun dimiliki walau dengan investasi ‘hanya’ sebesar Rp 50.000 setiap bulannya.
  • Untuk anda yang mempunya riwayat penyakit misalnya bagi seseorang yang telah memiliki penyakit bawaan atau telah melakukan tindakan medis yang tergolong dalam katagori yang rawan berbahaya (misalkan seseorang telah dilakukan pemasangan ‘ring’ pada jantungnya). Untuk kategori ini yang bersangkutan dapat memilih unit link dengan premi tunggal, maka keluarga mendapat kepastian uang pertanggungan sebesar 150 persen dari premi awal.

Secara garis besar bahwa kita semua memang membutuhkan asuransi khususnya asuransi kesehatan. Walaupun kita memang tidak menginginkan sakit atau tertimpa bencana. Namun demikian, bagi siapa saja yang saat ini memiliki keuangan yang tipis masih tetap bisa ikut asuransi, pemerintah kita sudah memberikan kelonggaran kepada semua orang untuk ikut serta dalam BPJS. Jika anda termasuk kedalam golongan ekonomi menengah keatas, maka produk unit link sangat saya rekomendasikan. Terima kasih sudah membaca pembahasan saya tentang Perlindungan Asuransi Kesehatan dengan Unit Link Commonwealth Life. Semoga dapat menjadi sumber referensi untuk siapa saja yang membutuhkan penjelasan tentang asuransi khususnya produk asuransi kesehatan. SALAM.

http://kiranbanget.xyz/perlindungan-asuransi-kesehatan-dengan-unit-link-commonwealth-life/