Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia

 

Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia ~ Seiring dengan minipisnya fosil di bumi maka pabrikan mobil berlomba-lomba menciptakan kendaraan yang hebat bahan bakar. Salah satunya adalah Toyota Hybrid. Toyota merupakan salah satu pabrikan yang sangat serius di teknologi hybrid. Toyota menghadirkan Camry Hybrid yang merupakan varian hibrida kedua, setelah Toyota Prius. Camry sebagai mobil hybrid memiliki tingkat efisiensi bahan bakar, sebab mobil sedan ini telah menggunakan teknologi mesin Hybrid Synergy Drive. Hadirnya Camry hybrid benar-benar memberikan kenyamanan yang "lebih" dari sedan biasa. Toyota Camry Hybrid ini bisa dikatakan sebagai sedan premium yang sangat identik dengan kendaraan yang digunakan oleh pejabat atau orang yang memiliki penghasilan menengah ke atas. Toyota menghadirkan New Camry Hybrid dengan nilai sebuah kemewahan dan kenyamanan yang diberikan buat konsumen premium.

Kiran Banget akan mencoba mengupas tuntas tentang Camry Hybrid ini. Agar lebih paham dan memudahkan para pembaca memahami topik ini, maka saya membagi pembahasan ini menjadi 7 bagian yakni :
  1. Exterior Toyota Camry Hybrid
  2. Interior Toyota Camry Hybrid
  3. Mesin Toyota Camry Hybrid
  4. Fitur Terbaru Toyota Camry Hybrid
  5. Harga Toyota Camry Hybrid 2014
  6. Spesifikasi Toyota Camry Hybrid
  7. Kelebihan Toyota Camry Hybrid
Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia
Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia

Exterior Toyota Camry Hybrid 
Camry Hybrid hadir dengan tampilan lebih agresif dan memberikan kesan tersendiri saat mengendarai. Sebuah performa berkendara paling berkualitas di kelasnya. All New Camry Hybrid telah mengalami beberapa perubahan dari segi disain eksterior dengan tampil lebih atraktif dan menawan berkat garis-garis tegas dan kesan lancip. Anda akan merasakan hal yang berbeda dengan All New Camry Hybrid ini, di bagian belakang juga tidak lagi membulat seperti versi sebelumnya. Aerodinamika juga diperhatikan dengan memperbaiki disain gril dan bemper depan dan belakang. Juga ada bilah kecil pada bagian spion yang berguna untuk membelah udara saat melaju di jalanan.

Penampilan mobil sedan hybrid ini tidak berbeda dengan versi mesin konvensional. Hanya grill depan yang sedikit lebih lebar, serta logo Toyota dengan warna dasar biru, sebagai ciri khas kendaraan hibrida. Ada juga logo Hybrid Synergy Drive. Agar lebih jelas, Anda bisa melihat lebih dekat ekterior Camry Hybrid dibawah ini.
Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia
LED - Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia

Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia
Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia
Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia
Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia

Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia
Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia
Interior Toyota Camry Hybrid
Interior Toyota Camry Hybrid pun ternyata terjadi perubahan yang cukup signifikan, dimana posisi takometer digantikan oleh  indikator Eco Driving sehingga pengemudi dapat mengetahui efisiensi terbaik dari cara berkendara.  Selain itu, kenyamanan khas mobil mewah juga diperagakan dengan balutan kulit. Fitur Hill-start Assist Control akan membantu pengemudi saat melalui jalan menanjak juga penerapan fitur Steering-assisted Vehicle Stability Control (S-VSC) yang akan mengatur tenaga mesin. Electric Power Steering dan rem saat roda kehilangan cengkeraman saat bermanuver di jalan-jalan licin. Lampu rem pun akan memberikan sinyal ke pengendara di belakangnya.

Masuk ke dalam kabin cukup dengan menekan tombol buka pintu, spion langsung mengembang dan lampu sein berkedip satu kali tanda pintu sudah tidak terkunci. Hawa mewah langsung hinggap melihat interior New Camry ini. Jok lapis kulit dengan pengaturan otomatis. Cukup dengan sentuhan ringan, pengemudi bisa langsung mencari kenyamanan sendiri saat duduk di balik kemudi.
Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia
Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia - Toyota Mobil Hybrid
Dashboard lapis kulit dengan aksen kayu, begitu juga dengan batang kemudi dengan bahan kayu dan kulit. Kontrol audio juga disediakan di batang kemudi. Tuas transmisi otomatis dengan bahan kayu dan lapis kulit. Ada yang beda ada transmisi hybrid ini. Indikator P (parking), N (neutral), R (reverse), D (drive) dan B (brake). Penggunaan sistem transmisi Transmisi Continuous Variable Transmission (CVT) pada Camry hybrid ini membuat tenaga mesin tidak bisa langsung turun. Pada kendala ini dibantu dengan tuas B, yang berfungsi mirip dengan engine brake.

Camry Hybrid ternyata memberikan ruang kabin terasa lebih lega, dengan jarak kaki ke kursi depan yang lebar. Kursi didesain buat menampung tiga penumpang. Tapi, jok tengah bisa dijadikan meja untuk meletakan makanan atau minuman ringan. Dari belakang juga sudah bisa mengatur sistem entertaintment yang ada di dashboard depan. Penumpang bisa langsung memilih fitur hiburan sesuai selera.
Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia
Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia
Penumpang di belakang sudah dilengkapi dengan blower AC yang ada di konsol box tengah. Tirai penutup jendela juga disediakan bila ingin mendapatkan udara luar dengan menurunkan kaca, tanpa harus khawatir terlihat dari luar atau terkena sinar matahari langsung. Telinga penumpang tetap dimanjakan dengan sistem audio JBL yang tersemat di pintu dan dashboard belakang.

Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia
Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia
Kursi belakang juga bisa diatur denga ketinggian layaknya kursi depan. Dan fitur yang paling memanjakan penumpang adalah kursi pijat yang ada di Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia (New Camry 2,5 HV) ini. Cukup dengan menekan tombol yang ada di sebelah kepala sabuk pengaman, pijatan lembut di punggung akan membuat rileks penumpang. Ini merupakan sebuah kenyamanan yang sempurna buat sebuah mobil sedan premium. 

Tidak cukup disitu saja, Camry Hybrid ternyata memiliki audio yang sudah terintegrasi dan memiliki layar sentuh yang dilengkapi juga dengan sistem kinerja hybrid. Hal ini akan memudahkan Anda bisa melihat apakah menyala atau tidak, apakah baterai dalam posisi di cas atau baterai membantu gerakan dari mobil. Bahkan sudah dilengkapi dengan navigasi Indonesia, koneksi telepon melalui bluetooth juga bisa terkoneksi dengan gadget Apple yang membuat semua playlist lagu bisa secara mudah di dari audio ini.
Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia
Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia
Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia
New Camry sudah mengadopsi tombol start/stop, yang terletak di kanan bawah kemudi. Bagaimana cara menghidupkannya? Pertama yang harus dilakukan tentu saja menginjak pedal rem. Pada panel indicator akan muncul tanda kunci, yang artinya meminta untuk menekan tombol start. Cukup dengan sekali sentuh mesin akan menyala, dengan tanda lampu panel indikator menyala dan kemudi yang bergerak ke atas. Tapi jangan tertipu dengan suara mesin yang tidak terdengar sampai ke kabin.

Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia
Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia

Mesin Toyota Camry Hybrid
Camry hybrid 2,5 liter ini menggunakan mesin yang sama dengan Camry konvensional. Mesin segaris empat silinder 16 valve DOHC. Hanya bedanya, model hibrida menggunakan single VVT-i. Sedangkan Camry V dan G menggunakan dual VVT-i. Perbedaan lainnya ada di motor listrik, dimana baterai listriknya tersemat di bagian belakang dekat bagasi, yang letaknya tidak mengganggu kenyamanan kabin. Mobil sedan hybrid ini mengalami perubahan kapasitas dari 3.500cc, menjadi 2.500 cc 4 silinder dual VVT-i dipadukan dengan motor listrik berteknologi HSD (Hybrid Synergy Drive). Efisiensi sangat terlihat dengan konsumsi seliter bahan bakar untuk 18,28km. Dan jika BBM dalam kondisi full tank, maka bisa melibas jarak sejauh 960 km.

Kombinasi kedua mesin inilah menghasilkan tenaga yang setara dengan mesin Camry lawas yang berkapasitas 3.500 cc. Kombinasi mesin bensin dan mesin hibrida menghasilkan tenaga mencapai 205 PS. Namun, efisiensi bahan bakar Camry hybrid ini lebih irit 24 persen, dengan tenaga lebih besar 10 persen dibanding mesin 3,5 liter.

Pada penggunaan berkendara dalam kota dengan situasi lalu-lintas padat, konsumsi bahan bakar yang dihasilkan New Camry 2,5 HV ini mencapai kisaran 12,5 kilometer per satu liter bensin. Pada kondisi jalan bebas hambatan, dengan kecepatan rata-rata 100 km/jam, konsumsi bahan bakar yang bisa didapat 13,5 kilometer per liter.

New Camry 2,5 HV ini memiliki daya output mesin bensin 170 horse power dan daya motor listrik hibrida di kisaran 140 horsepower. Akselerasi yang dihasilkan sangat mumpuni. Tapi, yang menarik bukan untuk mengetahui akselerasi atau kecepatan maksimal mobil mewah ini. Tapi yang menarik mengetahui cara kerja mesin hibrida ini.

Tapi jangan khawatir bila Anda penyuka cara berkendara irit BBM. New Camry juga menawarkan mode berkendara Eco. Tombol Eco Drive ada di konsol tengah bagian bawah. Dengan menekan tombol Eco, maka performa mobil akan dibatasi. Penggunaan AC juga akan diatur otomatis mengikuti mode Eco tersebut. Hasilnya sekitar 20 persen lebih irit, dengan pemakaian jalan bebas hambatan mencapai 20 kilometer per liter BBM.


Fitur Terbaru Toyota Camry Hybrid
Seperti yang telah saya singgung diatas, Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia kaya dengan fitur-fitur terbarunya. Fitur-fitur baru yang terdapat pada All New Camry 2014, yang paling utama adalah mesin yang sudah Hybrid. Dengan mesin Hybrid menjadikan All New Camry Hybrid menjadi lebih hemat bahan bakar, gas emisi yang rendah dan ramah lebih lingkungan, akselerasi yang lembut, dan suara mesin yang tidak bising.

Berikut beberapa fitur terbaru dari All New Camry Hybrid 2014:
  • Mesin 2.5 Litre dengan HYBRID IL4, 16- Valve, DOHC.
  • Sistem transmisi mengunakan CVT (Continous Variable Transmission).
  • Sistem 2 DIN untuk Audio-Video NAVI (DVD, CD, MP3, WMA) 6 inchi touchscreen dilengkapi dengan Bluetooth.
  • New 8 Premium JBL Green Edge.
  • Headlamp Projector mengunakan LED.
  • AC  mobil 3 Zone.
  • Design baru untuk AC kursi depan.
  • Rear Seat Controler.
  • Rear Seat Relaxation System.
  • Parking Camera.
  • Stering Switch Control.
  • GOA Body.
Harga Toyota Camry Hybrid 2014
Harga Toyota Camry Hybrid 2014
Keterangan harga:
  • Harga Toyota Camry diatas adalah OTR (on the road) untuk wilayah DKI Jakarta, harga di daerah lain akan terdapat perbedaan. Untuk kepastian harga di daerah anda, silakan hubungi dealer terdekat di wilayah anda.
  • Harga diatas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  • Harga di updated per tanggal 6 April 2014.
Spesifikasi Toyota Camry Hybrid 
Mesin: hybrid, inline, 4 cylinder, 16 valve, DOHC, VVT-i
Kapasitas: 2.494 cc
Tenaga mesin: 156.6 ps @ 5.700 rpm
Tenaga hybrid: 142.7 ps
Tenaga maksimum: 205 (kombinasi motor dan electric)
Torsi mesin: 20.9 kgm @ 4.800 rpm
Torsi hybrid: 27.3 kgm
Transmisi: Otomotis dengan Continuous Variable Transmission (CVT)
Suspensi: MacPherson strut (depan); Dual Link Strut (belakang)
Resm: Disc (depan dan belakang)
Panjang: 4.825 mm
Lebar: 1.825 mm
Tinggi: 1.470 mm
Wheelbase: 2.775 mm
Ban: 215/55 R17
Harga: All New Camry 2.5 L AT Hybrid Rp 635,600 juta
Kelebihan Toyota Camry Hybrid
Kelebihan dari tipe Toyota Camry hybrid dari pada yang regular seperti, suara mesin yang hampir tidak terdengar pada posisi mobil diam dengan mesin hidup. Karena pada saat mobil diam, Toyota Camry hybrid mengunakan mesin bertenaga listrik. Ketika diakselerasi pada kecepatan yang melebihi 20 kilometer per jam, kendaraan ini akan beralih ke mesin bertenaga bensin. Pada saat anda melambat lagi dan berhenti, kendaraan ini beralih kembali ke mesin bertenaga listrik.

Jika dibandingkan mengenai efesiensi penggunaan bahan bakar pada Toyota Camry hybrid dan yang non hybrid, pada dasarnya sama saja. Jika pengemudi terus mengemudikan mobil dengan kecepatan diatas 20 kilometer per jam, maka motor listrik tidak akan bekerja, jadi konsumsi bahan bakar mobil sedan Camry hybrid dan yang non hybrid sama saja. Tapi jika kondisi jalanan macet, maka mobil sedan Camry hybrid akan jauh hemat bahan bakar dibandingkan dengan yang non hybrid.

Demikian review saya tentang Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia, semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi bagi Anda. Salam.