Cipto Junaedy vs Robert T Kiyosaki

 

Cipto Junaedy vs Robert T Kiyosaki ~ Dalam dunia marketing khususnya Multi Level Marketing atau bahasa kerennya MLM pasti tidak asing lagi dengan nama Robert T Kiyosaki. Beliau ini merupakan salah satu motivator tingkat dunia dan banyak buku-buku hebat yang mendapatkan respon yang positif dari seluruh dunia. Buku Kiyosaki memang sangat menyegarkan. Banyak orang di dunia telah dibius oleh pemikirannya, yaitu bagaimana mengubah mindset  dari kuadran kiri ke kanan: dari pegawai (E) dan freelance (SE) menjadi B (bisnis owner) dan I (investor). Namun ternyata, ada yang menarik untuk kita telusuri bahwa teori Cipto Junaedy ternyata berlawanan dengan Robert T Kiyosaki yang berbasis pada utang. Penasaran? Mari kita kulit satu per satu.
Cipto Junaedy vs Robert T Kiyosaki
Cipto Junaedy vs Robert T Kiyosaki

Teori Beli Properti Robert T Kiyosaki
Robert T Kiyosaki memberikan strategi-strategi yang cukup masa akal. Beli properti saat ini juga, karena harganya akan naik. Untuk mengatasi beban angsuran setiap bulannya, dengan cara menjadikan properti tersebut sebuah aset bisnis. Dia memberikan contoh soal Ray Kro dengan McDonald's.  Hampir semua tempat-tempat strategi dimiliki oleh McDonald's. Ray sempat bertanya kepada teman-temannya, "Apa bisnis yang aku geluti." semua temannya tertawa. "Semua orang tau kalau Anda adalah pengusaha McDonald'." Tapi Ray menjawab, "Aku adalah pengusaha properti." Intinya Ray menganggap McDonald's adalah sebuah bisnis untuk membayar bisnis propertinya.
Kiyosaki berpikir bahwa belilah properti, tapi orang lain yang membayar.

Teori Beli Properti Cipto Junaedy
Dalam pandangan Cipto Junaedy, strategi utang yang ditawarkan Kiyosaki hanya akan menjerat leher. Untuk itu Cipto Junaey memiliki 30 jurus ampuh untuk mengatasi utang-utang tersebut. Anda bisa mendapatkannya lewat buku-buku best seller di Gramedia.  Salah satunya yang Cipto Junaedy tawarkan adalah menggunakan perusahaan billboard yang membutuhkan media seperti ruko atau rumah yang bisa dipasang iklan. Untuk penghapusan DP atau tanda jadi, menggunakan strategi tarik ulur, seperti memberikan janji kalau pajak dan biaya notaris ditanggung pembeli.

Lalu konsep siapakah yang paling bagus? Cipto Junaedy atau Robert T Kiyosaki? Pilihan ada di tangan Anda. Semua boleh memilih cara yang berbeda sesuai dengan kemampuan Anda masing-masing.

Semoga bermanfaat.