Kesombongan Iblis

 

Kesombongan Iblis
Kesombongan Iblis
Kiran Banget ~ Suatu ketika iblis mendatangi Nabi Musa, iblis berkata kepadanya :
Wahai Musa, engkau adalah orang yang telah dipilih oleh Allah sebagai pengemban risalah-Nya dan engkau juga pernah diajak bicara oleh-Nya dan sesungguhnya aku adalah salah satu ciptaan Allah yang ada. Aku berkeinginan untuk bertobat kepada Rabb-mu, maka mintakanlah kepada-Nya agar berkenan mengampuniku.

Ketika itu Nabi Musa bergembira dengan pengakuan iblis. Maka dengan segera Nabi Musa mengambil air wudhu kemudian sholat dalam waktu yang cukup panjang, lantas dia berdoa :
Wahai Rabb-ku, sesungguhnya iblis adalah mahluk ciptaan-Mu. Dia berkehendak untuk bertaubat kepada-Mu, maka terimalah taubatanya.
Allah berkata kepada Nabi Musa :
Wahai Musa, sesungguhnya dia tidak diterima taubatnya
Nabi Musa mengulangi beberapa kali permintaannya yang akhirnya dikabulkan oleh Allah dengan syarat agar menyuruh iblis untuk bersujud (menghormati) ke kubur Nabi Adam.

Dengan gembira Nabi Musa menyampaikan hal itu kepada iblis. Ketika dikabarkan kepadanya akan syarat tersebut, dengan spontan iblis langsung marah :
Aku tidak pernah sama sekali mau sujud kepada Adam ketika dia masih hidup, lalu bagaimana aku mau sujud tatkala dia telah mati!.

Katanya dengan congkak. Kemudian karena rasa terima kasih iblis kepada Nabi Musa dengan usahanya memintakan ampunan tersebut, dia memberi suatu rahasia kepada Nabi Musa tentang tiga hal. Kata iblis :
  1. Berhati-hatilah ketika kamu dalam keadaan marah, karena aku dengan sangat mudah untuk bisa memasuki dirimu sebagaimana lancarnya aliran darahmu.
  2. Waspadalah ketika engkau dalam keadaan berperang tatkala bertemu dengan musuh, karena aku akan membayang-bayangi dirimu dengan bayangan istrimu, anak-anak dan hartamu supaya muncul keraguan dalam dirimu. 
  3. Waspadalah dari menyendiri dengan seorang wanita yang bukan mahram-mu, karena aku adalah orang ketiga darinya.

Semoga bermanfaat dan menginspirasi.