ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik

 

ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik ~ Ada kabar baik nih buat kamu yang berkantong pas-pasan tapi mau punya smartphone bagus dan canggih. Kabar baik ini datang dari Asus yang mengenalkan varian smartphone barunya ke publik. Asus mengenalkan 3 varian smartphone Android terbaiknya yakni ZenFone 4, ZenFone 5, dan ZenFone 6. Ketiganya merupakan smartphone yang terbaik yang dilengkapi prosesor Intel Atom seri Z dengan arsitektur Clovertrail+ yang memang didesain khusus untuk dipakai di smartphone dan tablet. Nah, smartphone Intel tadi dipasarkan Asus mulai harga 1,099,000 untuk seri ZenFone 4. Seri paling mahal adalah ZenFone 6 yang dibandrol 3.099.000. Meski masuk dalam kategori ekonomis, tapi fitur seluruh seri ini tak murahan. Lapis pelindung Gorilla Glass 3, kamera mulai 5 megapiksel, dukungan Bluetooth versi 4 sampai ketersediaan RAM yang memadai adalah beberapa hal yang menandakan Asus serius menggarap fitur di smartphonenya. Makin penasaran bukan? Jangan khawatir, Kiran Banget akan mengupas tuntas 3 smartpohone android terbaik ini.
ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik
ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik
ASUS ZenFone 4 
Desain Serupa
Dari segi penampilan, Asus zenfone 4 terbaru ini nantinya akan membawa desain yang sama dengan versi pertama hanya saja ukuran layarnya sedikit lebih besar dengan bentang diagonal 4,5 inchi dengan resolusi FWVGA 854×480 piksel dan kerapatan 218 ppi. layarnya tetap menggunakan teknologi IPS LCD dan dilapisi juga dengan screen protector dari Gorilla Glass 3.

Prosesor Intel
Berbeda dengan Asus zenfone 5 A500KL yang beralih ke chipset Qualcomm, Asus Zenfone 4 A450CG ini masih setia dengan prosesor Dual Core 1,2 GHz intel atom Z2520 yang memiliki performa sangat maksimal. Kinerja prosesor ini bahkan disejajarkan dengan Quad Core versi Qualcomm. untuk menopang kinerja, smartphone ini juga dibekali dengan GPU PowerVR SGX544MP2 dan RAM sebesar 1 GB. Ponsel terbaru Asus ini sudah menjalankan OS Android 4.4.2 KitKat
ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik
ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik

 Kamera 8 MP
Peningkatan yang signifikan juga berada di sektor kamera, jika sebelumnya Asus hanya membenamkan kamera 5 MP, di seri terbaru Asus Zenfone 4 A450CG ini kameranya ditingkatkan menjadi 8 MP plus LED Flash. hanya saja untuk kamera depan masih beresolusi VGA. Internal memori yang disediakan juga sangat lega yaitu 8 GB.

Kapasitas Baterai
Asus tampaknya menjawab kritikan pengguna Zenfone 4 selama ini karena ponsel cepat sekali kehilangan daya. Seperti kita tahu, zenfone 4 versi pertama masih menggunakan baterai 1200 mAh. Sedangkan untuk Asus zenfone 4 A450CG ini ditingkatkan menjadi 1750 mAh. Ponsel ini juga memiliki konektivitas lengkap mulai dari Dual SIM on GSM yang mendukung 3,5 G, WiFi, serta Bluetooth.

Harga Asus Zenfone 4 A450CG
Sayangnya belum ada informasi terkait mengenai harga Asus Zenfone 4 A450CG di pasaran, tapi jika merujuk spesifikasi Asus zenfone 4 A450GC yang tinggi serta harga Asus Zenfone 5 KL500 maka bisa diperkirakan harga zenfone 4 terbaru ini berkisar Rp 2 jutaan.

Kelebihan Asus Zenfone 4 A450CG
  • Sudah Android 4.4.2 KitKat tanpa harus mendunggu update
  • Kamera 8 MP with autofokus dan LED Flash, lebih besar dari Asus Zenfone 4 yang beredar di Indonesia
  • Processor Intel Atom Z2520 lebih mumpuni dibanding Qualcomm Snapdragon 200
  • Layar berukuran 4.5 inci
  • Baterai 1750 mAH, jelas lebih besar dari Zenfone 4
  • Dukungan Dual SIM
  • Layar dilapisi Gorilla Glass 3

ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik
ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik
ASUS Zenfone 5
Kemasan Zenfone 5
Asus membundel Zenfone 5 dengan cukup apik melalui dus kemasannya.  Kotak persegi panjang  berukuran kurang lebih 16 x  8,5cm, berwarna putih lengkap dengan logo Zenfone 5 di sisi kanan dan bagian atas kotak.

Ketika membuka bagian dalamnya, sebuah smartphone berwarna putih menyembul dengan logo Asus dibagian tengah. Dalam dus kemasan terdapat buku panduan lengkap dengan charger berwarna hitam.  Namun sayangnya, Zenfone tidak dilengkapi dengan headset bawaan.

Desain Handset
Zenfone 5 memiliki material plastik finishing matte yang halus dan solid serta dilengkapi dengan teknologi layar Corning Gorilla Glass 3 yang membuatnya aman dari goresan.

Smartphone ini juga didesain cukup tipis dan ringan. Kemudian lengkungan yang agak menonjol di bagian belakang, semakin membuat handset ini terasa nyaman dalam genggaman.

Handset ini juga memiliki konsep unibody sehingga pengguna tidak mudah untuk melepaskan baterai di dalamnya. Zenfone 5 memiliki ketersediaan dual SIM card GSM (micro SIM card) serta kapasitas eksternal memory menggunakan microSD hingga 64 GB.

Software & UI (User Inteface)
Asus Zenfone 5 hadir dengan sistem operasi Andoid 4.3 JellyBean, tapi kedepan Asus menjanjikan update Android 4.4.2 KitKat. Smartphone ini memiliki User Interface (antarmuka) sendiri yang dikembangkan oleh Asus bernama Zen. Hal ini membuat handset tampak unik dan berbeda mulai dari Lockscreen, Homescreen, dan Widget serta Menu dan Setting. Selain itu Zenfone 5 juga memiliki fitur easy mode. Mode UI (User Interface) ini membuat pengoperasian smartphone menjadi lebih simple.

Easy mode membuat tampilan zenfone tampak lebih sederhana, ada sembilan kotak berbentuk ubin diantaranya Messaging, Clock, Camera, Calender, Contact, Phone, Calculator, Gallery, dan Setting. Di bagian bawah terdapat pilihan More Apps yang ketika di ketuk mengubah kembali tampilan aplikasi menjadi berbaris ke bawah. Selain itu terdapat juga fitur reading mode yang mampu membuat mata lebih nyaman saat digunakan untuk membaca dalam waktu lama dengan smartphone ini.   

ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik
ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik
Kamera
Zenfone 5 dibekali dengan kamera utama 8 MP (dilengkapi flash) serta kamera depan 2 MP. Selain itu, smartphone ini juga dibekali dengan kemampuan PixelMaster. Ketika mencoba menjepret gambar menggunakan Zenfone 5 menggunakan mode Auto Zenfone, handset memilki respon yang cukup baik. Bahkan ketika menjepret dengan menekan shutter, jeda waktu hingga kamera dapat digunakan kembali cukup cepat.
Performa
Untuk menilai kemampuan performa perangkat digunakan aplikasi benchmark untuk Android yang banyak tersedia di Google. Kami menggunakan aplikasi bernama AnTuTu Benchmark. Hasil pada pengujian bisa dilihat berdasarkan gambar di bawah ini. Secara umum kesan yang didapatkan saat menggunakan Zenfone 5 sangat memuaskan. Asus benar-benar menciptakan smartphone ini dengan serius dan kualitas yang mumpuni. Tidak hanya itu dengan banderol harga yang cukup terjangkau jadilah produk ini sempurna untuk dijadikan teman melengkapi kegiatan sehari-hari.

Kelebihan Asus ZenFone 5 diantaranya :
  • Harga cukup terjangkau
  • Performa baik
  • Desain menarik dan terlihat premium

Asus Zenfone 6
Desain Memukau
Bentuknya segi empat dengan sudut melengkung dan terdapat logo Asus pada bagian depan. Di bawah, terdapat bezel logam—terinspirasi oleh desain Asus ZenBook—dengan efek kilau cahaya yang berputar. Tepat di atasnya, ada tiga tombol sentuh; Back, Home, dan Recent App. Tak seperti kebanyakan ponsel Andorid, tiga tombol sentuh kapasitif ini tak menyala bila disentuh.

Beralih ke belakang, terdapat kamera 13 megapiksel serta lampu kilat ditemani logo Asus pada bagian atas dan lubang speaker yang berdekatan dengan logo Intel di bawah. Meski penutup belakang berbahan plastik, lapisan doff tetap memberi kesan mewah. Sayangnya, tombol power serta volume tak menyatu dengan bodi ponsel. Hal ini membuat pengguna harus berhati-hati saat melepas cover belakang. 
ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik
ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik
Layar Super
Layar sentuh kapasitas berukuran 6 inci dan menggunakan LCD berteknologi in-plane switching (IPS) membuat sudut pandang Zenfone 6 lebih luas. Layar sentuhnya cukup responsif, serasa menggunakan ponsel kelas atas.

Resolusi layar yang mencapai 720 x 1.280 piksel dengan kerapatan 320 ppi membuat tampilan gambar tampak jernih. Apabila pengguna merasa kurang pas atas warna yang disuguhkan, Asus membekali Zenfone 6 dengan aplikasi Asus Splendid.

Aplikasi ini berguna untuk mengatur keseimbangan warna yang mencakup hue, temperatur, dan saturasi. Selain itu, Asus menyediakan pengaturan reading mode agar pengguna merasa lebih nyaman ketika membaca.

Sistem Operasi
Versi android yang disematkan ke semua seri Zenfone ini adalah versi 4.3 alias Jelly Bean. Dan, menurut Asus, sistem operasi itu dapat ditingkatkan ke versi 4.4 atau KitKat. Bersama rangkaian seri Zenfone ini, Asus sekaligus memperkenalkan tampilan antarmuka pengguna baru yang diberi nama ZenUI.

Layar utama menampilkan tiga halaman yang dapat ditambah hingga sembilan. Masuk ke dalam menu, ZenUI menampilkan ikon-ikon baru berformasi 4 x 4. Dengan formasi 4 x 4, layar 6 inci terasa sesak karena tampilan ikon bisa dikatakan besar untuk usia produktif.

Jarak antar-ikon cukup renggang. Terlebih, bila masuk ke dalam submenu seperti Pengaturan, tampilan font terbaca sangat jelas. Karena font terlihat cukup besar, pengguna berusia di atas 50 tahunan pun masih dapat membaca dengan jelas.

Peforma
Untuk hasil pengujian kinerja pada aplikasi Antutu Benchamark, Zenfone 6 berhasil meraih skor 21.236. Skor ini menempatkan posisinya di bawah HTC One dan memiliki selisih sedikit dengan Samsung Galaxy Note2 yang berada di bawahnya.

Hasil yang fantastis pun didapat ketika diukur dengan menggunakan Quadrant Standard. Skor 10.812 yang diperoleh Zenfone 6 jauh meninggalkan HTC One X dan menempatkan Zenfone pada posisi atas. Untuk mengukur kinerja grafis, Tempo menggunakan aplikasi NenaMark2. Zenfone 6 meraih angka 60,1 fps. Hasil ini berbeda tipis dengan aplikasi Epic Citadel, yang menunjukkan angka 58,7 fps.

Dari sisi dapur pacu, Zenfone 6 ditenagai oleh prosesor dual-core Intel Atom Z2580 dengan kecepatan 2 Ghz berteknologi Hyper-threading dan kapasitas RAM sebesar 1 gigabita. Prosesor ini memiliki dua inti, namun performanya setara dengan empat inti. Dengan kata lain, performa prosesor ini sebanding dengan prosesor empat inti dari produsen lain.

Untuk urusan grafis, PowerVR SGX 544MP keluaran Imagination Technologies menjadi andalan. Namun, sayang graphic processing unit (GPU) ini kurang andal dalam menjalankan tugasnya. Terbukti, saat menjalankan arcade game, seperti Asphalt 8 Airbone, terasa ada jeda dan kurang lancar.

Baterai
Dengan kapasitas baterai sebesar 3.300 mAh Li-Po, hasil yang didapat jauh dari ekspektasi. Baterai Zenfone 6 terasa boros. Untuk pemakaian normal, daya baterai cepat berkurang, apalagi bila pemakaian membutuhkan daya banyak seperti saat bermain game. Ponsel terasa cepat panas di bagian belakang sekitar kamera.
ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik
ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik
Konklusi
Menyasar segmen kelas menengah, tampaknya Asus serius merangkul konsumen kelas ini dengan menghadirkan ponsel pintar terjangkau berfitur ala ponsel premium. Strategi “merusak harga pasar” sepertinya cocok dilekatkan pada seri Zenfone ini.

KESIMPULAN:
Melihat dengan seksama, maka Kiran Banget bisa menyumpulkan bahwa ASUS ZenFone adalah smartphone android terbaik. Inilah ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik.